Perbedaan Hotel Melati, Losmen, Hostel & Guest House

Ada banyak sekali istilah yang digunakan untuk menyebut sebuah tempat tinggal atau tempat penampungan buat pendatang yang merujuk kepada yang kita kenal sebagai Hotel. Meski Hotel diambil dari istilah “Hostel” (bahasa Prancis kuno), pada penggunaannya sebutan “Hotel” dan “Hostel” memiliki makna yang berbeda.

Perbedaan Hotel Melati, Losmen, Hostel & Guest HouseHotel merupakan tempat menginap yang bersifat private, artinya satu kamar digunakan oleh satu pengunjung (sendiri atau bersama pasangan dan teman). Sementara Hostel merujuk pada tempat tinggal yang digunakan bersama-sama, satu ruangan kamar dipakai oleh beberapa orang berbeda dengan pembagian tempat tidur yang berdekatan (biasanya ranjang susun).

Hotel Melati
Istilah Hotel Melati digunakan untuk mengambarkan hotel yang ‘biasa’. Grade hotel melati berada dibawah hotel berbintang. Biasanya hotel melati hanya digunakan sebagai hotel saja tanpa tambahan fasilitas lainnya. Harganya pun relatif murah.

Losmen
Hotel melati kerap disebut juga sebagai losmen atau penginapan. Meski demikian, pada umumnya hotel melati sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan (AC), sementara losmen dan penginapan menggunakan kipas angin saja.

Guest House
Belakangan, banyak sekali Hotel melati, hostel, losmen, penginapan bahkan vila disebut sebagai Guest House alias rumah tamu. Entah apa makna dibalik penggunaan istilah Guest House, yang pasti menilai sebuah tempat menginap yang memakai nama “Guest House” relatif sulit karena bisa saja Guest House terbebut adalah hotel melati atau losmen atau malah hostel.

Satu-satunya cara untuk menilai Guest House adalah dengan mencari tahu review dari konsumen atau informasi lengkap sebelum melakukan pemesanan.

Semoga mencerahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 2 =